Perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url

Pada artikel sebelumya saya membahas tentang dampak baik dan buruk mengganti url blog . Bagi yang penasaan kali ini saya akan membagikan perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url dengan 22 postingan yang telah diterbitkan.

Pemrograman desktop untuk pemula

pemrograman desktop untuk pemula
Pemrograman desktop bisa juga disebut pemrograman komputer, hanya saja desktop biasanya menjurus pada komputer pribadi atau pc(personal computer) atau juga laptop. Tujuan pemrograman komputer untuk membuat aplikasi supaya memudahkan manusia dalam menjalankan pekerjaan. Di pc atau komputer pribadi terdapat sistem operasi, dimana setiap sistem operasi mempunyai perbedaan arsitekturnya atau penyusunnya. Contoh sistem operasi yaitu windows, linux, mac os.

Membuat aplikasi yang bisa berjalan di semua sistem operasi bisa di bilang mudah tetapi juga bisa sulit untuk pemula jika belum paham. Membuat aplikasi desktop bisa dikategotikan menjadi dua yaitu aplikasi online atau aplikasi offline. Online maksudnya komputer saling terhubung, minimal 2 komputer atau client server, baik secara LAN(local area network) atau internet. Contohnya aplikasi yang membutuhkan database yaitu sistem informasi simpan pinjam, sistem informasi klinik, sistem informasi penjualan atau inventori barang dan lain sebagainya. Sedangkan offline biasanya aplikasi hanya khusus untuk 1 komputer saja, walaupun membutuhkan database, cuma bisa diakses oleh komputer itu sendiri. Contohnya aplikasi kamus, pengenalan wajah, pengolahan citra digital, sistem informasi penjualan untuk skala kecil, dan lain sebagainya.

Untuk bisa membuat aplikasi yang berjalan di semua sistem operasi, saya sarankan untuk pemula menggunakan bahasa pemrograman berbasis java, karena java bisa di instal di windows, linux dan mac os. Ekstensi untuk file java yaitu '.jar'. Saya pernah membuat aplikasi kalkulator sederhana menggunakan netbean dibuat di windows, dan bisa jalan di linux asalkan linuxnya sudah terinstal java. Kalau di mac os belum bisa mencoba, karena belum ada mac os dan belum punya mac os.

Contoh software untuk membuat aplikasi di windows yaitu delphi menghasilkan file exe supaya aplikasi yang dibuat bisa berjalan sesuai keinginan, visual basic sama seperti delphi menghasilkan file exe, netbean dan eclipse menghasilkan file jar. Untuk mendapatkan saftware tersebut, bisa mengunduh di internet atau minta pada teman yang mempunyai software tersebut.

Setelah memiliki gambaran dan minat tentang pemrograman desktop, sekarang mulailah membuat aplikasi sederhana dengan menggunakan bahasa pemrograman yang dipilih. Source code untuk bahasa pemrograman yang dipilih, di internet dan buku sudah banyak. Lain waktu saya akan membagikan source code. Untuk meningkatkan kemampuan pemrograman, sebaiknya mengubah sedikit desainya dan membuat tantangan. Jika ada pertanyaan, bisa langsung ditulis di kolom komentar, secepatnya akan saya jawab.

Komentar