Perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url

Pada artikel sebelumya saya membahas tentang dampak baik dan buruk mengganti url blog . Bagi yang penasaan kali ini saya akan membagikan perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url dengan 22 postingan yang telah diterbitkan.

Tentang Antena Parabola

sekilas tentang antena parabola
Antena parabola model jaring
Diambil dari wikipedia Antena Parabola adalah sebuah antena berdaya jangkau tinggi yang digunakan untuk komunikasi radio, televisi, data dan juga untuk radiolocation (RADAR), pada bagian UHF and SHF dari spektrum gelombang elektromagnetik. Antena parabola berbentuk seperti piringan yang dapat digunakan untuk mentransmisikan berbagai data, seperti sinyal telepon, sinyal radio dan sinyal televisi, serta beragam data lain yang dapat ditransmisikan melalui gelombang. Fungsi antena parabola yang umum diketahui oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai alat untuk menerima siaran tv satelit.

Pinsip kerja antena parabola yaitu bentuk antena yang seperti piring memantulkan sinyal dari satelit tv ke titik fokus piringan tersebut. Di titik fokus tersebut ditempatkan sebuah alat yang disebut feedhorn. Alat ini menjadi titik pusat untuk pemandu gelombang yang mengumpulkan sinyal di atau dekat di titik fokus dan mengubahnya menjadi low-noise block downconverter (LNB). LNB mengubah sinyal dari gelombang elektromagnetik atau gelombang radio menjadi sinyal listrik dan menggeser rentangnya dari C-band atau Ku-band menjadi L-band. Antena parabola untuk penyiaran langsung menggunakan LNBF yang mengintegrasikan freedhorn dengan LNB. Untuk lebih detailnya bisa di lihat di Wikipedia.

Desain sistem antena parabola untuk instalasi rumah menggunakan kabel untuk menghubungkan LNB ke receiver. Receiver tersebut menggunakan penyedia daya berbeda (14/18V) untuk memilih polaritas dan pilot tones (22kHz) untuk menginstruksikan kepada LNB agar memilih satu dari dua gelombang frekuensi yang ada. Untuk instalasi yang lebih besar, setiap gelombang dan polarisasi diberikan kabel masing-masing. Maka, akan ada empat kabel dari LNB ke matrix. matrix memungkinkan koneksi dari beberapa receiver berbeda dalam sebuah topologi bintang (star topology) yang menggunakan metode signalisasi signalling yang sama dalam sebuah instalasi receiver.

Antena parabola untuk tv Satelit biasanya ditempatkan di atap-atap rumah. Sekarang, pemilik antena parabola tidak hanya ada di kota-kota besar saja, tapi juga telah ada di daerah pedesaan. Untuk penyiaran tv satelit, antena parabola mampu menyiarkan beragam acara, di antaranya film, acara olahraga, dan berita. Kualitas gambar dari antena parabola berbeda dengan antena biasa yang ditemukan di berbagai rumah yaitu antena UHF. Kualitas gambar dan suara dari antena parabola lebih bagus dari antena UHF. Tetapi antena UHF bisa memiliki kualitas bagus jika mendapat sinyal yang baik.

Dari segi kualitas gambar dan suara yang bagus, antena parabola mempunyai kekurangan dan kelebihan yaitu :
Kelebihan : kualitas video dan kualitas audio yang lebih baik jika digunakan untuk menerima siaran dari televisi satelit. Bentuk antena parabola seperti piringan membuat transmisi lebih mudah diterima, sangat cocok untuk menangkap gelombang di tempat-tempat yang jauh dari pusat transmisi.
Kekurangan : Cuaca, harga yang mahal untuk peralatan yang dibutuhkan contohnya untuk antena parabola dengan 2 LNB receiver mp2 harganya sekitar 600-900 ribu tergantung dari toko penjual.

Komentar