Perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url

Pada artikel sebelumya saya membahas tentang dampak baik dan buruk mengganti url blog . Bagi yang penasaan kali ini saya akan membagikan perkembangan trafik blog selama 96 hari setelah ganti url dengan 22 postingan yang telah diterbitkan.

Cara mencari Satelit Telkom 4

cara mencari satelit telkom 4
Satelit Telkom 4 atau Satelit Merah Putih mengorbit di 108.00 E. Mulai bulan Februari 2019, ANTV, TRANS-TV, TRANS7 dll pindah ke Telkom 4, posisinya sama seperti satelit Telkom 1. Detail isi channel Satelit Telkom 4 ada di Lyngsat. Bagi yang belum mengubah posisi dish parabola sejak 2017 maka tinggal di scan pada Satelit Telkom1 akan keluar ANTV, TRANS-TV, TRANS7 dll.

Tapi bagi yang sudah pernah mengubah posisi dish parabola dengan menggeser atau memutar 1800 tiang LNB untuk mendapatkan Satelit Telkom 3s maka harus melakukan pencarian atau tracking, bisa dikatakan di kembalikan seperti semula saat Telkom 1 masih dalam kondisi baik. Bahasan tentang mencari atau tracking Satelit Telkom 3s ada di artikel sebelumnya yang berjudul cara mencari Satelit Telkom 3s 2 LNB.

Untuk mencari atau tracking Satelit Telkom 4 saya menggunakan antena parabola diameter dish 7 feet (213,36 cm), 2 LNB c-band, receiver mpeg2, jarak LNB masih tetap sama tanpa perubahan. Untuk mencari atau tracking Satelit Telkom 4, saya mempunyai 2 cara yaitu :

Menggeser ke barat. Cara ini bagi yang sudah pernah memutar 1800 tiang LNB ,dengan LNB fokus atau tengah Palapa dan sebelah barat LNB Telkom 3s.

Langkah-langkahnya yaitu :

1. Menukar switch. Tujuan menukar switch supaya channel yang ada di Palapa masih tetap utuh atau tidak usah melakukan pencarian semua atau bebas. Caranya yaitu :

- Jika menggunakan switch 22k, posisi sebelum dirubah Palapa "tidak aktif" Telkom 3s "aktif" dirubah menjadi Palapa "aktif" Telkom 3s "tidak aktif". Atau posisi sebelum dirubah Palapa "aktif" Telkom 3s "tidak aktif" dirubah menjadi Palapa "tidak aktif" Telkom 3s "aktif"

- Jika menggunakan switch diseqc, posisi sebelum dirubah Palapa "1" Telkom 3s "2" dirubah menjadi Palapa "2" Telkom 3s "1".

Intinya hanya menukar posisi switch antara Palapa dan Telkom 3s di receiver. Jika langkah ini sudah dilakukan dan berhasil maka bisa lanjut ke langkah berikutnya. Tidak perlu menukar switch sebenarnya tidak masalah tapi bagi saya agak ribet jadi solusi terbaik menurut saya adalah menukar switch.

2.  Pilih 1 channel di Palapa. Saya pilih RCTI, kendurkan baut pengunci dish, menggeser ke barat dengan cara mendorong dish ke atas dibagian timur dish atau menarik dish ke bawah dibagian barat dish, geser perlahan sampai kualitas sinyal maksimal, disini saya mendapatkan kualitas sinyal maksimal 49%, maka semua yang ada di Palapa akan mendapat sinyal maksimal. Pastikan semua sinyal di Palapa kembali normal. Jika sudah kencangkan baut pengunci dan beralih ke langkah berikutnya.

3. Scan di Satelit Telkom 3s, saya menggunakan pencarian bebas. Tunggu beberapa saat sampai pencarian 100%. Jika ada channel yang ganda maka hapus yang tidak ada sinyal. Kemudian ubah nama Telkom 3s menjadi Telkom 4, dan selesai.

Mencari Satelit Telkom 4 dengan menggeser ke barat
Sebelum dan sesudah menggeser ke arah barat
Dengan cara diatas maka Satelit Telkom 4 mengarah ke LNB fokus dan Satelit Palapa mengarah ke offside di sebelah barat. Jika setting switch tidak ditukar maka harus menambah transponder (TP) baru di menu tambah saluran untuk acuan tracking.
Langkah di atas saya lakukan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit, karena posisi antena parabola bisa di jangkau tanpa menggunakan tangga. Untuk memudahkan melihat persentase sinyal, saya menggunakan 2 hp android, tutorialnya ada di artikel Mencari Satelit TV dengan bantuan hp Android.

Memutar 1800 tiang LNB. Dengan cara ini tidak perlu menggeser dish atau menukar switch.

Langkah-langkahnya yaitu :

1. Sebelum memutar tandai dulu posisi dan ketinggian tiang LNB. Kendurkan baut pengunci tiang LNB, putar 1/2 putaran atau 1800 searah atau berlawanan jarum jam, sehingga posisi LNB di sebelah barat pindah ke sebelah timur, kencangkan kembali baut pengunci tiang LNB.

2.  Scan di Satelit Telkom 3s.
Memutar tiang LNB untuk mencari Satelit Telkom 4
Sebelum dan sesudah memutar tiang LNB

Saya tidak memakai cara ini karena saya memakai cara menggeser ke barat, tetapi cara ini bisa sebagai pilihan lain. Jika dengan cara memutar tiang LNB didapati kualitas sinyal tidak imbang maka harus dilakukan penggeseran sedikit ke barat atau ke timur supaya kualitas sinyal maksimal, karena saya pernah mengalami hal ini saat mencari atau tracking Satelit Telkom 3s. Jika hal ini terjadi, kemungkinan tiang LNB tidak begitu center terhadap dish. Kemungkinan pengaruhnya perubahan fisih antena karena cuaca atau dari pabriknya proses pembuatan dan perakitan kurang preseisi.


Kedua cara di atas bagi yang sudah pernah memurat 1800 tiang LNB, bagaimana jika tiang LNB tidak pernah diputar?. Bisa dipastikan LNB fokus atau tengah adalah Telkom 3s dan sebelah timur adalah Palapa. Cara dan langkahnya sama seperti pertama yaitu menggeser ke barat. Sehingga LNB fokus atau tengah menjadi Palapa dan sebelah timur Telkom 4.

Mencari Satelit Telkom 4 dengan cara menggeser ke arah barat
LNB fokus Telkom 3s diubah menjadi Palapa


Bagi yang masih bingung mengenai mencari atau tracking satelit, mungkin artikel Panduan mencari atau tracking satelit tv bisa membantu memudahkan, atau bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Komentar